Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Berita & Analisis

Rangkuman Kabar: Fintek Dapat Karpet Merah, Cardano Bakal Makin 'Meriah'
shareIcon

Rangkuman Kabar: Fintek Dapat Karpet Merah, Cardano Bakal Makin 'Meriah'

28 Dec 2021, 11:39 AM·Waktu baca: 3 menit
shareIcon
Kategori
Rangkuman Kabar: Fintek Dapat Karpet Merah, Cardano Bakal Makin 'Meriah'

Rangkuman kabar Selasa (28/12) mengulas perkembangan terkini dari dalam dan luar negeri, salah satunya terobosan OJK untuk fasilitasi perusahaan berbasis teknologi yang inovatif melantai di bursa saham.

Rangkuman Kabar Domestik

1. OJK Terbitkan Aturan Bantu Perusahaan Teknologi Melantai

Otoritas Jasa Keuangan menerbitkan aturan mengenai penerapan klasifikasi saham dengan hak suara multipel alias multi voting share (MVS). Beleid ini akan memfasilitasi perusahaan rintisan berbasis teknologi untuk melantai di bursa saham.

Aturan yang tertuang dalam POJK Nomor 22/POJK.04/2021 tentang Penerapan Klasifikasi Saham dengan Hak Suara Multipel oleh Emiten dengan Inovasi dan Tingkat Pertumbuhan Tinggi yang Melakukan Penawasan Umum Efek Bersifak Ekuitas Berupa Saham ini mengatur mulai dari karakteristik perusahaan yang layak menggunakan aturan ini hingga jangka waktu dan hak pemegang saham secara terperinci.

Apa Implikasinya?

Aturan ini akan meningkatkan minat untuk melakukan initial public offering (IPO) dan selera investor dalam memilih emiten untuk berinvestasi. Jika emiten bursa semakin berkualitas, maka akan semakin banyak investor yang mau membenamkan dana di pasar modal dalam negeri. Hal tersebut, tentunya, akan semakin memperdalam pasar jasa keuangan finansial dalam negeri.

2. RI Catat Kasus Omicron Transmisi Lokal Pertama

Kementerian Kesehatan mengumumkan kasus pertama COVID-19 varian omicron tanpa riwayat perjalanan ke luar negeri maupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri. Kasus tersebut tercatat sebagai kasus ke 47 varian omicron.

Pasien transmisi lokal merupakan laki-laki berusia 37 tahun yang berdomisili di Medan. Ia melakukan perjalanan ke Jakarta satu bulan sekali, terakhir pada 17 Desember lalu. Pada kunjungan tersebut ia menyambangi sebuah resto di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Apa Implikasinya?

Transmisi lokal di berbagai negara menandai awal dari gelombang baru COVID-19. Karenanya, temuan ini perlu disikapi serius agar pola serupa tidak terjadi di Indonesia. Sebab, gelombang infeksi COVID-19 secara historis selalu berhasil menghambat pemulihan ekonomi dan memaksa masyarakat membatasi mobilitasnya sehingga berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Rangkuman Kabar Mancanegara

1. Biayai Energi Terbarukan, China Fasilitasi Pembiayaan Murah

People Bank of China (PBoC) akan menerbitkangelombang pertama pembiayaan murah untuk institusi finansial yang menyalurkan pembiayaan rendah emisi pada akhir bulan ini. Bank sentral China tersebut berkomitmen membiayai 60% pembiayaan yang dibutuhkan dengan tingkat bunga 1,75% per tahun dengan tujuan membuat peningkatan emisi karbon mencapai puncaknya pada 2030 lalu berangsur netral pada 2060.

Tingkat bunga tersebut amat rendah. Sebagai perbandingan saat ini, tingkat bunga pinjaman korporasi di China saat ini ialah 5%. PBoC juga akan meningkatkan quota untuk pembiayaan re-financing bagi usaha kecil jika dibutuhkan.

Gelontoran stimulus berbunga rendah ini juga dipastikan telah melalui pertimbangan finansial, terutama setelah China berangsur pulih dari risiko sistemik akibat gagal bayar sektor properti.

Apa Implikasinya?

Pembiayaan rendah bunga akan menstimulasi peralihan energi hijau yang rendah emisi. Dampak jangka panjangnya mungkin akan berdampak pada konsumsi energi kurang ramah lingkungan seperti batu bara, yang secara tidak langsung akan memengaruhi permintaan ekspor batu bara dari Indonesia. Sehingga, neraca perdagangan Indonesia mungkin terancam.

Di sisi lain, jika negara dengan ukuran ekonomi sebesar China dapat beralih sepenuhnya pada energi rendah emisi, tentu akan berdampak signifikan terhadap laju perubahan iklim sehingga biaya penanganan dampak perubahan iklim dapat ditekan.

2. Cardano Melebarkan Sayap ke Afrika Tahun Depan

Lewat cuitan saat malam natal, pendiri Cardano, Charles Hoskinson mengurai peta jalan aset kripto generasi ketiga tersebut sebagai penyedia layanan finansial di Afrika. Hoskinson berambisi untuk memperbaiki kondisi finansial yang buruk di negara berkembang dengan infrastruktur DeFi tahun depan.

Cardano akan menyediakan layanan finansial, pinjaman bahkan memfasilitasi transaksi microfinance secara end-to-end paling lambat pada triwulan II/2022.

Hoskinson yang juga salah satu pendiri Ethereum itu mengklaim bahwa infrastruktur Cardano telah siap untuk mewujudkan ambisinya sejak lama. Rencananya, Cardano berangsur-angsur akan menjadi penyedia layanan perbankan berbasis DeFi di seluruh benua Afrika.

Apa Implikasinya?

Peta jalan layanan finansial dan optimisme Hoskinson menjadi sentimen positif yang membuat nilai Cardano terapresiasi. Dalam seminggu, Cardano telah menghijau 16,42%.

Selain itu, peta jalan tersebut akan membuat permintaan Cardano meningkat di masa depan lantaran utilitasnya yang bertambah. Tak hanya berlaku sebagai aset kripto generasi ketiga yang ramah lingkungan, namun juga sebagai mata uang yang digunakan pada layanan perbankan berbasis DeFi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: CNBC Indonesia, Reuters, dailycoin, Antara

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Penulis di pluang menulis blog untuk masalah umum.

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait
weekly news
Pasar Sepekan: DOGE Makin Garang, Pasar Saham Masih Bimbang
news card image
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1