Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Fitur Proarrow-icon

support-icon
Dirancang untuk Investor
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Keamanan

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

Kamus

Modal Kerja
shareIcon

Modal Kerja

2382  dilihat·Waktu baca: 7 menit
shareIcon
Modal Kerja

DEFINISI

Modal Kerja adalah memberikan gambaran kesehatan keuangan jangka pendek sebuah perusahaan – Yaitu nilai yang tersisa setelah mengurangi kewajiban lancar perusahaan dari aset lancar.

 Memahami Modal Kerja

Modal kerja menawarkan cara cepat untuk menunjukkan apakah perusahaan dapat membayar kewajiban lancar, atau hutang. Mirip dengan anggaran bulanan pribadimu, yang menjelaskan apakah kamu memiliki cukup uang untuk membayar tagihan atau tidak. Terkadang, modal kerja bisa menjadi indikasi apakah suatu perusahaan memiliki sumber penghasilan yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Cara perusahaan mengelola modal kerjanya, – misalnya, seberapa konsisten perusahaan memiliki modal kerja positif atau negatif – terkadang dapat membantu memberikan sinyal seberapa baik (atau tidaknya) perusahaan siap untuk berkembang.

CONTOH

Jika kita melihat modal kerja Fitbit untuk periode yang berakhir 31 Desember 2018, kita dapat melihat modal kerja positif yang dimilikinya adalah sekitar $ 592 juta. Yang berarti perusahaan memiliki lebih banyak aset lancar daripada kewajiban lancarnya. (Modal kerja negatif berarti perusahaan memiliki lebih banyak kewajiban daripada aset).

Aset lancarnya adalah $ 1,3 miliar, dan kewajiban lancarnya adalah $ 779,7 juta. Untuk menemukan modal kerja, kami mengurangi kewajiban lancar dari aset lancar. Jadi $ 1.311.811.000 dikurangi $ 719.383.000 menyisakan $ 592.428.000, modal kerja positif. (Sumber: Fitbit, Inc. 2018 Neraca via NASDAQ.)

Kesimpulan

Modal kerja adalah sesuatu seperti foto candid …

Foto candid mengabadikan momen tetapi tidak menceritakan seluruh kisah perusahaan. Misalnya, foto surat kabar tentang mobil yang telah diambil alih tidak memberitahumu mengapa mobil itu diambil alih, atau betapa sulitnya mendapatkan mobil itu kembali nantinya.

Ketahui Lebih Lanjut …

Bagaimana kamu menghitung modal kerja?

Empat komponen utama modal kerja

Mengapa modal kerja penting?

Berapa rasio modal kerja?

Apa itu manajemen modal kerja?

Siklus modal kerja

Persyaratan modal kerja

Bagaimana Kamu Menghitung Modal Kerja?

Rumus modal kerja cukup mudah:

Aktiva lancar – Kewajiban lancar = Modal kerja 

Sementara laporan keuangan perusahaan mencakup semua aset dan kewajban, modal kerja hanya menggunakan aset dan kewajiban lancar. Untungnya, neraca menunjukkan aset lancar dan kewajiban lancar terletak di bagian terpisah untuk memudahkanmu.

Aset lancar dapat diubah menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun sejak tanggal neraca. Kewajiban jangka pendek harus dibayarkan dalam waktu satu tahun sejak tanggal neraca. Barang tertentu yang termasuk dalam daftar aset lancar atau kewajiban lancar cukup konsisten, tetapi dapat bervariasi di antara perusahaan. Barang-barang itu juga berubah dari tahun ke tahun karena pinjaman dan hutang jangka panjang lainnya jatuh tempo.

Empat Komponen Utama Modal Kerja

Empat bagian utama dari modal kerja adalah : 1. Uang tunai 2. Piutang 3. Inventaris 4. Hutang 

Dengan kata lain, berapa banyak uang yang masuk, dan berapa banyak uang yang keluar. Uang tunai, piutang, dan inventaris merupakan aset jangka pendek / lancar, yang diharapkan atau dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam setahun. Namun, beberapa perusahaan membawa inventaris yang bersifat jangka panjang dan dihilangkan dari jumlah aset lancar. 

Utang termasuk dalam komponen kewajiban lancar dari persamaan modal kerja. Termasuk barang-barang yang harus dibayar oleh perusahaan dalam waktu satu tahun, yang mungkin berbeda di setiap perusahaan atau industri. Hutang dagang yang umum adalah upah karyawan.

Semuanya adalah komponen utama modal kerja, tetapi bukan daftar selengkapnya. Terkadang kategori aset lancar atau kewajiban lancar bervariasi, khususnya antar industri. Aset lancar termasuk investasi yang mudah dan cepat dikonversi menjadi uang tunai seperti pasar uang atau ETF. Dalam beberapa kasus, kewajiban lancar juga dapat mencakup barang- barang seperti dividen yang jatuh tempo atau pembayaran hutang jangka panjang. Terlepas dari item yang disertakan, mereka biasanya terdaftar berdasarkan kategori di dalam neraca perusahaan.

Mengapa Modal Kerja Penting?

Modal kerja dapat membantu investor melihat kemampuan perusahaan dalam membayar hutang lancarnya, dan apakah perusahaan memiliki uang yang tersedia untuk pengeluaran tumbuh kembang perusahaan atau ekspansi dalam jangka pendek.

Seperti semua tolak ukur keuangan yang mengandalkan serangkaian informasi terbatas, hal itu tidak memberikan gambaran lengkap tentang kesehatan keuangan perusahaan, dan tidak pernah menjadi jaminan bagaimana kinerja perusahaan.

Mirip seperti dokter yang mengambil tekanan darah pasien, bahkan jika angka itu terlihat bagus, kesehatan pasien bisa menimbulkan masalah lainnya. Karena itu, ada perhitungan dan

ide terpisah yang dibuat dari formula modal kerja yang dapat membantu menawarkan lebih banyak wawasan tentang likuiditas perusahaan, atau berapa banyak uang tunai yang dapat dikumpulkan perusahaan dalam waktu singkat.

Berapa Rasio Modal Kerja?

Rasio modal kerja perusahaan membandingkan modal kerja dengan hutangnya. Dengan kata lain, rasio modal kerja membantu menunjukkan seberapa baik (atau tidak) suatu perusahaan dapat menutupi hutangnya, atau seberapa nyaman margin modal kerjanya yang sebenarnya. 

Rasio modal kerja dihitung dengan membagi aset lancar dengan kewajiban lancar. Misalnya, perusahaan dengan rasio modal kerja 1 akan memiliki jumlah kewajiban lancar dan aset lancar yang sama. Secara teori, ini berarti perusahaan dapat membayar tagihannya, tetapi tidak memiliki modal yang tersisa untuk keadaan darurat.

Perusahaan dengan rasio modal kerja 2 akan memiliki dua kali lipat aset lancar sebagai kewajiban lancar. Artinya bahwa perusahaan harus dapat membayar sebagian atau seluruh hutang lancarnya dan masih memiliki sisa dana. 

Modal kerja dan rasio modal kerja adalah perhitungan jangka pendek. Keduanya tidak menjamin bahwa perusahaan akan terus dapat menutupi hutangnya dalam jangka panjang. Sama seperti membayar tagihan untuk bulan itu dan memiliki sisa uang. Hanya karena kamu memiliki sisa uang, bukan berarti kamu masih memiliki cukup uang untuk membayar tagihan bulan depan jika ada pengeluaran yang signifikan.

Apa Itu Manajemen Modal Kerja?

Manajemen modal kerja memantau dan menyesuaikan modal kerja untuk menjaga jumlah yang sejalan dengan strategi perusahaan. Setiap perusahaan memiliki rencana dan tingkat kenyamanan yang berbeda dengan total modal kerja. Cara umum untuk mengelola modal kerja adalah menyimpan uang tunai tambahan sebagai polis asuransi. Menyimpan uang ekstra ini dapat membantu melindungimu dari fluktuasi aset lancar atau kewajiban lancar.

Sama seperti bagaimana kamu mungkin memiliki rekening tabungan untuk keadaan darurat atau pembelian dalam jumlah besar sesekali, dan rekening giro untuk pengeluaran rutinmu. Biaya tambahan untuk perusahaan mungkin merupakan pinjaman jangka panjang ketika pembayaran akhir lump sum (tagihan) jatuh tempo. Aset lancar mungkin juga jatuh pendek jika penjualan tidak berakhir memenuhi perkiraan. Menyimpan cadangan kas membantu melindungimu dari penurunan. 

Metode utama lainnya dari manajemen modal kerja adalah mencoba mendorong perputaran aset cepat sambil menunda melakukan pembayaran kewajiban lancar.

Siklus Modal Kerja

Siklus modal kerja memungkinkan perusahaan untuk memvisualisasikan jumlah waktu yang diperlukan untuk mengubah modal kerja menjadi uang tunai dan kesenjangan antara menerima aset dan membayar kewajiban. Meskipun aset dan kewajiban lancar umumnya dianggap aset dan kewajiban yang dapat dikonversi dalam satu tahun, sebagian besar tidak memakan waktu lama. Banyak yang hanya membutuhkan waktu 15, 30, 60, atau 90 hari untuk jatuh tempo atau dibayarkan kepada perusahaan. 

Rumus untuk menemukan siklus modal kerja adalah: hari inventaris + hari piutang – hari hutang 

Hari persediaan (inventory days) berarti jumlah hari yang dibutuhkan untuk menjual inventory. Hari piutang (receivable days) mengacu pada waktu yang dibutuhkan untuk menerima uang dari penjualan tersebut. Sementara Hari pembayaran (payable days) mewakili kewajiban lancar dari persamaan dan menunjukkan jumlah hari sampai membayar persediaan. Misalnya, perusahaan menjual inventaris setiap 60 hari, menerima dana setiap 30 hari setelah penjualan, dan membayar inventaris setiap 15 hari.

Baca juga: Apa Itu Likuiditas?

Siklus modal kerja adalah 45: 60 + 30 – 15 = 45

Terkadang, siklus modal kerja dapat mengungkapkan bahwa perusahaan perlu menambah arus kas melalui pinjaman atau metode lainnya. Kebutuhan akan uang tambahan ini muncul

ketika siklus modal kerja lebih lama dari waktu yang dibutuhkan untuk membayar kewajiban lancar. Mari kita lihat sebuah contoh. Katakanlah sebuah perusahaan memiliki siklus modal kerja 45 hari, tetapi mereka harus membayar pemasok setiap 15 hari. Perusahaan ini akan membutuhkan dana tambahan untuk membayar tagihan tiga kali lebih sering daripada menerima uang dari aset.

Persyaratan Modal Kerja

Persyaratan modal kerja berjalan seiring dengan siklus modal kerja. Merupakan jumlah yang dibutuhkan untuk mendanai perusahaan selama siklus modal kerja. Persyaratan ini adalah jumlah yang diperlukan untuk menutup aktivitas bisnis dalam jeda waktu antara membayar pemasok dan menerima dana. Rumus untuk menghitung kebutuhan modal kerja adalah inventaris ditambah piutang dagang dikurangi hutang dagang.

Kebutuhan modal kerja akan bervariasi antar industri karena siklus modal kerja yang berbeda. Misalnya, perusahaan mobil mungkin memiliki persyaratan modal kerja yang lebih tinggi daripada toko bahan makanan karena mobil membutuhkan waktu lebih lama untuk dijual daripada daging ataupun sayuran. 

Kebutuhan modal kerja sering meningkat untuk perusahaan baru dan cepat berkembang. Hal ini terjadi karena peningkatan penjualan yang cepat membutuhkan lebih banyak inventaris. Manajemen modal kerja yang kuat dapat membantu mengurangi masalah dengan merencanakan dan mengambil pinjaman jangka pendek bila diperlukan. Tanpa perencanaan, perusahaan dapat mengalami kekurangan dana untuk membayar pemasok karena mereka menghabiskan inventaris sebelum menerima uang dari penjualan. Dengan kata lain, bahkan perusahaan yang berkembang pesat sekalipun dapat mengalami masalah arus kas karena kebutuhan modal kerja.

Bagaimana Perubahan Modal Kerja Mempengaruhi Arus Kas Perusahaan?

Uang tunai adalah salah satu komponen modal kerja – Yaitu aset lancar utama. Arus kas, jumlah uang tunai yang masuk dan keluar dari bisnis (seperti pasang surut dan mengalir)

mempengaruhi modal kerja perusahaan, tetapi modal kerja juga dapat mempengaruhi arus kas. Ada juga saat-saat ketika perubahan arus kas tidak mempengaruhi modal kerja. 

Perubahan pada kewajiban lancar seperti pembelian dalam jumlah besar dapat mengurangi arus kas ke dalam perusahaan. Terkadang perusahaan melakukan pembelian dalam jumlah besar dengan uang tunai alih-alih membiayai, misalnya, ketika memilih untuk membeli peralatan pabrik besar atau truk transportasi baru. Situasi tersebut dapat mengurangi jumlah uang tunai yang tersedia untuk jangka waktu tertentu.

Modal kerja dapat meningkat seiring arus kas jika perusahaan menjual aset tetap jangka panjang yang tidak dianggap sebagai aset lancar, misalnya, jika perusahaan menjual bangunan. Arus kas dapat berkurang tanpa mempengaruhi modal kerja juga. Ini terjadi ketika perusahaan membeli aset lancar lainnya dengan uang tunai, seperti inventaris atau mata uang asing.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Money Laundering?

Pilih Menabung atau Investasi?

Apa Itu Balance Sheet (Neraca Keuangan)?

Ditulis oleh
channel logo

Satya Nagara

Right baner

Satya Nagara

Bagikan artikel ini

Artikel Terkait

Kartu Kredit

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1